KISI-KISI, PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH, TAHUN PELAJARAN 2011/2012,
KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Jenjang Satuan Pendidikan :
SPM/MTs Alokasi Waktu : 120 menit
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris Jumlah Soal : 50
nomor
Kabupaten/Kota : Bone Bentuk soal : Pilihan ganda
Propinsi :
Sulawesi Selatan
NO. URT
|
STANDAR KOMPETENSI LULUAN
|
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
Reading (Membaca)
Memahami makna dalam teks tertulis pendek baik teks fungsional maupun esei
sederhana berbentuk : Deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu /informasi
tersirat/makna kata/frase dalam teks berbentuk caution/warning/notice.
|
Caution
|
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk CAUTION,
siswa dapat menentukan gambaran umum (makna teks) teks tersebut.
|
1
|
Notice
|
Disajikan satu teks NOTICE, siswa dapat menemukan informasi tertentu (location)
(yang terdapat pada teks tersebut.
|
2
|
|||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tertentu /informasi tersirat/rujukan kata/makna kata/frase
dalam teks berbentuk kartu ucapan
(greeting card)
|
Greeting card
(Condolences/
symphaty)
|
Diberikan sebuah
teks berbentuk “KARTU UCAPAN (GREETING CARD) yang berkaitan dengan “condolence/symphaty”, siswa dapat menemukan informasi tertentu yang ada pada
teks tersebut
|
3
|
||
Greeting card
(Congratulation)
|
Diberikan sebuah
teks berbentuk KARTU UCAPAN (GREETING CARD) yang berkaitan dengan “congratulation”, siswa dapat menemukan informasi rinci tersurat yang ada pada teks tersebut
|
4
|
|||
Diberikan sebuah
teks berbentuk KARTU UCAPAN (GREETING CARD) yang berkaitan dengan “congratulation”, siswa dapat
menentukan rujukan kata yang ada pada teks tersebut.
|
5
|
||||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk (recount)
|
Recount text
(Impressive holiday/recreation)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan
dengan “impressive holiday”, siswa dapat menentukan informasi tertentu yang ada pada teks tersebut.
|
6
|
||
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan
dengan “impressive holiday”, siswa dapat
menemukan pikran utama/ide pokok
pada salah satu paragraf yang ada pada teks tersebut.
|
7
|
||||
|
|
|
|
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan
dengan “impressive holiday”, siswa dapat menemukan rujukan kata yang ada pada teks tersebut.
|
8
|
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan
dengan “impressive holiday”, siswa dapat menemukan informasi tersirat (purpose) yang ada pada teks tersebut.
|
9
|
||||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/tujuan
komunikatif/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk Surat
(Letter)
|
Personal Letter
(Request/Ask)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk PERSONAL LETTER yang berkaitan dengan “request/ask”, siswa dapat menemukan informasi rinci tersurat yang ada pada teks tersebut
|
10
|
||
Disajikan sebuah teks berbentuk PERSONAL LETTER yang
berkaitan dengan “request/ask” siswa dapat menemukan informasi tertentu yang
ada pada teks tersebut
|
11
|
||||
Menentukan gambaran umum/informasi tersirat/ informasi
tertentu/rujukan kata/makna kata/frase dalam teks berbentuk (Label)
|
Label
(Food/drink)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk LABEL yang berkaitan
dengan “food/drink” siswa dapat menemukan informasi tertentu yang
ada pada teks tersebut
|
12
|
||
Disajikan sebuah teks berbentuk LABEL yang berkaitan
dengan “food/drink” siswa dapat menemukan informasi tersirat (purpose) yang terdapat pada teks tersebut.
|
13
|
||||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/tujuan
komunikatif/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk deskriptif
(Descriptive)
|
Descriptive text
(People/Idol artist)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang
berkaitan dengan “People/Idol artist”, siswa dapat menentukan gambaran umum teks yang
dibaca.
|
14
|
||
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang
berkaitan dengan ““People/Idol artist””, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat pada salah
satu paragraf yang ada pada teks tersebut.
|
15
|
||||
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang
berkaitan dengan “People/Idol artist”, siswa dapat menentukan makna kata yang terdapat
pada teks tersebut.
|
16
|
||||
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang
berkaitan dengan ““People/Idol artist”, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat
pada teks tersebut.
|
17
|
|
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk
pesan singkatf (short message)
|
Short Message
(plan)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk SHORT MESSAGE yang
berkaitan dengan “plan”, siswa dapat menemukan gambaran umum yang terdapat
pada teks tersebut.
|
18
|
Disajikan sebuah teks berbentuk SHORT MESSAGE yang
berkaitan dengan “plan”, siswa dapat menemukan rujukan kata yang terdapat
pada teks tersebut.
|
19
|
||||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk
iklan (Advertisement)
|
Advertisement
(Product/service)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk ADVERTISEMENT yang
berkaitan dengan “product/service” tertentu, siswa dapat menemukan gambaran umum yang terdapat pada teks tersebut.
|
20
|
||
Disajikan sebuah teks berbentuk ADVERTISEMENT yang
berkaitan dengan “product/service” tertentu, siswa dapat menemukan informasi rinci tersurat yang terdapat pada teks tersebut.
|
21
|
||||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk
narative (narrative)
|
Narrative Text
(Local Folktale/cerita
rakyat lokal)
|
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang
berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat menemukan gambaran umum dari teks yang dibaca.
|
22
|
||
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang
berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat menemukan pikiran utama/ide pokok salah satu paragraf dari teks yang
dibaca.
|
23
|
||||
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang
berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat menemukan rujukan kata yang terdapat
pada teks tersebut.
|
24
|
||||
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang
berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat menemukan informasi rinci tersurat yang terdapat pada teks tersebut.
|
25
|
|
|
|
|
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang
berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat menemukan informasi tersirat (moral value) yang terdapat pada teks
tersebut.
|
26
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk
pengumuman (Announcement)
|
Announcement
(School Activity)
|
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk ANNOUNCEMENT
yang berkaitan dengan “school activity”, siswa dapat menemukan gambaran umum yang terdapat pada teks tersebut
|
27
|
||
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk ANNOUNCEMENT
yang berkaitan dengan “school activity”, siswa dapat menemukan informasi tertentu yang terdapat pada teks tersebut
|
28
|
||||
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk ANNOUNCEMENT
yang berkaitan dengan “school activity”, siswa dapat menemukan makna kata yang terdapat pada teks tersebut
|
29
|
||||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/tujuan
komunikatif/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk (report)
|
Report Text
(Living thing: Plants/Animals)
|
Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang
berkaitan dengan “living things:
plants/animals”, siswa dapat menentukan gambaran umum yang terdapat pada teks tersebut.
|
30
|
||
Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang
berkaitan dengan “living things:
plants/animals”, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat pada teks tersebut.
|
31
|
||||
Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang
berkaitan dengan “living thinsg:plants/animals”, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang
terdapat pada teks tersebut.
|
32
|
||||
Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang
berkaitan dengan “living things:plants/animals”, siswa dapat menentukan makna kata/frase yang
terdapat pada teks tersebut.
|
33
|
|
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi
tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks
berbentuk (procedure)
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk
(procedure)
|
Procedure Text
(Appliances)
|
Disajikan sebuah teks esei berbentuk PROCEDURE yang
berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat menentukan informasi tersirat (purpose) yang terdapat pada teks tersebut.
|
34
|
Disajikan sebuah teks esei berbentuk PROCEDURE yang
berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat pada teks tersebut.
|
35
|
||||
Disajikan sebuah teks berbentuk PROCEDURE yang
berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat menentukan informasi tertentu yang
terdapat pada teks tersebut.
|
36
|
||||
Disajikan sebuah teks esei berbentuk PROCEDURE yang
berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat pada teks tersebut.
|
37
|
||||
|
|
|
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk
undangan (invitation)
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna
kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk
undangan (invitation)
|
Invitation
(Birthday
party)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk INVITATION yang
berkaitan dengan “birthday party”, siswa dapat menentukan informasi tersirat yang terdapat pada teks tersebut.
|
38
|
||
Disajikan sebuah teks berbentuk INVITATION yang
berkaitan dengan “birthday party”, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat pada teks tersebut
|
39
|
||||
Disajikan sebuah teks berbentuk INVITATION yang
berkaitan dengan “birthday party”, siswa dapat menentukan makna kata yang terdapat pada teks tersebut
|
40
|
NO. URT
|
STANDAR KOMPETENSI LULUAN
|
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
2.
|
Writing (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan
esei sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,
procedure, maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks bentuk
deskriptif/recount/procedure sederhana.
|
Recount
(Past experience/
recreation)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT sederhana,
siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata
kerja (verb) yang tepat.
|
41
|
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT sederhana,
siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan kata benda (noun) yang
tepat.
|
42
|
||||
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT sederhana,
siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata keterangan (adverb) yang tepat.
|
43
|
||||
Descriptive
(Place)
|
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE sederhana,
siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan kata ganti (pronoun) yang
tepat.
|
44
|
|||
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE sederhana,
siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan kata penghubung (conjunction)
yang tepat.
|
45
|
||||
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE sederhana,
siswa dapat melengkapi teks rumpang
dengan kata keterangan frekuensi (adverb
of frequency) yang tepat.
|
46
|
|
|
Menentukan susunan kata
yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna
|
Jumbled Words (Kata acak)
(invitation sentence)
|
Disajikan serangkaian kata
acak, siswa dapat menyusun kata-kata
acak tersebut menjadi kalimat yang padu
|
47
|
Jumbled Words (Kata acak)
(recount)
|
Disajikan serangkaian kata
acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu
|
48
|
|||
Menentukan susunan kalimat
yang tepat untuk membuat paragraf yang bermakna
|
Jumbled Sentences
(Descriptive)
|
Disajikan serangkaian kalimat
acak, siswa dapat menyusun kalimat acak
tersebut menjadi paragraf atau teks yang padu.
|
49
|
||
Jumbled Sentences
(Procedure)
|
Disajikan serangkaian
kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi
paragraf atau teks yang padu.
|
50
|
Watampone, 9 Januari 2012
Tim
Penyusun:
1.
MUKHLIS, S.Pd. :
KORDINATOR
2.
H. MUHAMMAD JAFAR, S.Pd.M.Pd. : ANGGOTA
3.
HARYONO, S.Pd. : ANGGOTA
4.
SABANG, S.Ag.S.Pd.MM. :
ANGGOTA
5. PENGURUS/PESERTA MGMP B. INGGRIS
SMP/MTs KAB. BONE SMT. II TP 2011/2012 : ANGGOTA
Comments
Post a Comment