HARDWARE DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER ( TOSHIBA ),



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Pengertian laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dari spesifikasi laptop tersebut, laptop dapat digunakan dalam lingkungan yang berbeda dari komputer.
Laptop secara signifikan lebih lambat daripada komputer desktop. tetapi kemajuan teknologi manufaktur telah memungkinkan laptop melakukan hampir sama dengan Komputer PC desktop. Bahkan, laptop high-end sering melakukan lebih baik daripada komputer desktop yang mempunyai spesifikasi rendah. Kebanyakan laptop juga mencakup beberapa I / O port, seperti USB port, yang memungkinkan keyboard standar dan mouse untuk digunakan dengan laptop. Laptop modern sering termasuk adaptor jaringan nirkabel / wireless, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa memerlukan kabel.
Laptop biasanya menggunakan teknologi layar tipis.terdiri dari transistor atau layar matriks aktif lebih cerah dan pandangan yang lebih baik pada sudut yang berbeda dari STN atau layar dual-scan. Laptop menggunakan beberapa pendekatan yang berbeda untuk mengintegrasikan mouse ke dalam keyboard, termasuk touch pad ,trackball , dan pointing stick. Sebuah port serial juga memungkinkan mouse biasa bisa terpasang.PC Card adalah perangkat keras insertable untuk menambahkan modem atau network card ke laptop. CD-ROM dan digital hard disk serbaguna memungkin built-in atau attachable.
Dapat disimpulkan bahwa Laptop adalah Komputer dengan ukuran yang kecil serta menyatukan semua perangkat keras Komputer seperti ; monitor,cpu,mouse,keyboard dan sumber daya listrik, sehingga bersifat portable bisa dipindahkan, bergerak dengan mudah.
BAB II
PEMBAHASAN
Toshiba adalah perusahaan Jepang yang memproduksi dan memasarkan berbagai peralatan listrik dan produk elektronik yang canggih, yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Toshiba dinilai sebagai perusahaan no 7 dunia untuk produsen terintegrasi untuk peralatan listrik, elektronik dan sebagai pembuat chip. Toshiba Semikonduktor termasuk 20 besar pemimpin penjualan semikonduktor di dunia.
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf didepan dari masing-masing perusahaan “TO” dan “SHIBa” maka lahirlah merek Toshiba. Pada tahun 1984 perusahaan itu resmi berubah menjadi Toshiba Corporation. Grup ini makin kuat melalui pertumbuhan internal dan melalui akuisisi perusahaan rekayasa alat berat dan perusahaan industri primer pada 1940-an dan 1950-an. Kemudian pada 1970-an dan seterusnya, anak perusahaan mulai didirikan, yaitu: grup Toshiba Lighting & Teknologi (1989), Toshiba Carrier Corporation (1999), Toshiba Elevator & Building System Corp (2001), Toshiba Solutions Corp (2003), Toshiba Medical Systems Corp (2003) dan Toshiba Materials Co Ltd (2003).
Toshiba Corporation adalah salah satu perusahaan diversifikasi produsen dan pemasar produk digital, perangkat elektronik dan komponen, sistem infrastruktur sosial dan Home appliances. Sebagai pendiri dan inovator terkemuka dalam komputasi portabel dan produk-produk jaringan, Toshiba mulai memasarkan notebook, PC, dan PC server untuk rumah, kantor dan pengguna mobile. Toshiba Qosmio Notebook PC memimpin jalan dalam konvergensi komputasi dan kemampuan, menawarkan konsumen yang lengkap solusi hiburan pribadi. Sementara itu, seri “Tipis dan Ringan” membawa tingkat mobilitas tinggi dan daya tahan untuk notebook PC untuk penggunaan bisnis di era ini.
Toshiba memproduksi semua jenis laptop, dari model Libretto yang lucu dan ultra portabel sampai model multimedia Qosmio keren. Laptop Toshiba juga populer di Amerika dan Eropa. Apakah pengguna mencari pengganti desktop, laptop untuk mahasiswa atau laptop untuk game, akan ada sesuatu yang cocok bagi mereka di antara rangkaian yang tak terhitung jumlahnya seperti notebook Toshiba Libretto, Portege, Qosmio, Satellite dan Portege.
2. Berbagai Model Laptop Toshiba Yang Ada Dipasaran
Ø Toshiba Satellite: Notebook Toshiba Satellite
Jika Anda menginginkan produk berkualitas, berteknologi tinggi, dengan harga yang terjangkau, desain yang stylish, dan kinerja yang solid Toshiba Satellite adalah jawabannya. Laptop ini dapat menjalankan aplikasi bisnis paling kompleks, menyimpan dokumen yang besar, mempunyai file media digital dan software produktivitas.
Ø Toshiba Tecra: Laptop Toshiba Tecra
Laptop ini memiliki keuntungan tambahan yaitu mobilitas dengan daya tahan yang dapat menggantikan komputer desktop high-end. Laptop Toshiba Tecra adalah notebook untuk pebisnis profesional, handal, dengan daya tahan tinggi yang saat ini sudah menjadi tuntutan bisnia.
Ø Toshiba Qosmio: Laptop Toshiba Qosmio
Laptop ini mempunyai berat rata-rata sekitar 4,4kg. Para gamer, programer yang membutuhkan teknologi tinggi, dan editor foto dan video yang memerlukan mobilitas dalam bekerja sangat memerlukan laptop ini.
Ø Toshiba Portege: Laptop Toshiba Portege
Laptop ini memiliki design ringan dan stylish. Laptop ini dapat menjadi teman yang sempurna bagi mereka yang sering mobile untuk tujuan bisnis. Dengan tampilan menakjubkan untuk bekerja dan bermain,.cocok dimiliki Anda para gamer mania.
Laptop ini mempunyai kecepatan pemrosesan yang bagus, memiliki hard drive dengan kapasitas yang cukup untuk menyimpan dokumen, file media digital, dan software produktivitas. Selain itu, dia juga didukung grafis yang memukau, dan koneksi Internet dengan kecepatan tinggi dengan design yang menawan dan dapat dibanggakan pemakainya.

3.    Perkembangan Toshiba
1.   1985. Toshiba T1100
T1100 adalah laptop produksi Toshiba dan toshiba menyebutkan bahwa Laptop T1100 "the worlds first mass-market laptop computer". Spesifikasi teknis itu sebanding dengan IBM Original. Prosesor dari laptop ini menggunakan Intel 80C88, 4.77MHz
2.  1986. Toshiba T3100
Laptop buatan toshiba tahun 1986 ini memiliki, 10 MB Harddrive, 8 MHz Intel 80286 CPU. Yoshiba mengatakan bahwa laptop ini adalah "World First Notebook PC with an Intel 286 Processor"
3.  1988. Toshiba T3100 E
Laptop toshiba tahun keluaran 1988 inidisebut laptop pertama dunia yang menggunakan internal Hard Disk Drive dengan kapasitas 20MB.
4.    1991. Toshiba T4400

Laptop garapan Toshiba tahun 1991 ini dikatakan sebagai "World's First Notebook PC with an Active Matrix Screen"
5.    1994. Toshiba Tecra Cs/Cdt

Lapop toshiba ini adalah laptop pertama dunia yang menggunakan intel pentium.
6.    1995. Toshiba Tecra T6600 C

Laptop ini adalah laptop pertama dunia dengan menggunakan baterai Lithium-ion.
7.    1997. Toshiba Libretto 50 

Laptop keluaran toshiba tahun 1997 ini adalah laptop pertama dunia yang menggunakan windows 95 secara penuh.
8.    2001. Toshiba Portege 4000

Laptop keluaran 2001 ini adalah laptop pertama di dunia dengan teknologi wireless. Laptop ini berkapastitas 20 GB, dan baterai dari laptop ini dapat bertahan hidup 3,5 jam.
9.    2003. Toshiba Satellite P25 Series 

Laptop toshiba pertama di dunia dengan layar Widescreen 17 inch.
10.          2005. Toshiba Tecra S3

Laptop toshiba keluaran tahun 2005 ini adalah lapop pertama dunia dengan RoHS-Compliant.
11.          2007. Toshiba Protege R500

LAptop toshiba yang satu ini adalah laptop pertama dunia tertipis hanya dengan ketebalan 7mm dan ukuran 12.1 inch dengan Super-Multi DVD drive.
12.          2008. Toshiba Qosmio G50 


Qosimo G50 dari toshiba ini adalah laptop pertama dengan menggunakan prosesor quad-core di dunia.
13.          2009. SSD 512 GB

Ini adalah Ultra-portable pertama dengan kapasitas 512GB SSD
14.          2010. Toshiba Libretto W100

Toshiba Libretto W100, dual touch-screen ukuran 7 inch pertama di dunia. Bentuknya sangat unik.
15.          2011.Toshiba Qosmio F750 
Toshiba Qosmio F750 adalah Laptop pertama di dunia yang berbasis 3D tapi tidak memerlukan kaca. 
16.          2012. Toshiba Protege Z830


Protege Z830 adalah Ultrabook pertama di dunia yang memiliki konektivitas terlengkap.
4.      Kelebihan Dan Kekurangan Laptop Toshiba
Ø  Kelebihan
  1. merek nomor 1 di Indo, jadi harga jual lumayan, barangnya gampang dicari, servis dan spare parts lebih gampang
  2. LCD nya great (maybe not the best but great)
  3.  bawanya agak pede lah, dibanding laptop merek laen (kecuali banding sony dan mac)
  4. desain dan konstruksinya lumayan kuat/kokoh, dibeberapa seri bahkan ada pelindung hdd, jadi jatuh gak merusak hdd.
  5. addition software (kalo beli yang pake OS yah), banyak dan rata2 berguna en efektif. 
Ø  Kelemahan kekurangan
1)      harganya lumayan mahal
2)      desain nya rata2 kuno dan kaku, gak up to date.
3)      terlalu banyak model dan spek, penamaan model juga tidak jelas jadi banyak yang tertukar, dan salah (sampe salah beli),
4)      karena nomor 1, PI/BM nya paling banyak, banyak pilihan harga, banyak pilihan model, banyak macem asalnya (dari baru, recondition/refurbish, used),
5)      di toshibanya rata2 gak ada CD drivernya untuk yang gak + paketan Windows jadi harus download sana sini, untuk yang dah ada Windowsnya harus back-up dulu Recoverynya kedalam keping DVD.
5. Tips Merawat Laptop Toshiba
Tips merawat laptop Toshiba pada perangkat keras dan casing, dikhususkan pada perawatan laptopToshiba agar tetap bersih terutama terhindar dari debu, sehingga awet dan terlihat menarik. Karena debu adalah musuh utama laptop, maka sebisa mungkin anda melakukan perawatan agar terhindar dari debu. Resiko yang ditimbulkan oleh debu adalah menyumbat kipas atau fan laptop Toshiba. Sehingga fan tidak bisa bekerja secara maksimal yang mengakibatkan laptop Toshiba mudah panas dan akhirnya terjadi overhating atau laptop Toshiba tiba-tiba mati dengan dengan sendiri.

BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Toshiba adalah perusahaan Jepang yang memproduksi dan memasarkan berbagai peralatan listrik dan produk elektronik yang canggih, yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang.
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf didepan dari masing-masing perusahaan “TO” dan “SHIBa” maka lahirlah merek Toshiba. Pada tahun 1984 perusahaan itu resmi berubah menjadi Toshiba Corporation.
B. Saran
Karena ketidak sempurnaan makalah yang kami sajikan maka kritik dan saran yang membangun dar berbagai pihak sangat kami harapkan untuk perbaikan pada penulisan karya tulis lainnya dimasa yang akan datang,

Comments

Popular Posts