KISI-KISI, PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH, TAHUN PELAJARAN 2011/2012,

KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Jenjang Satuan Pendidikan : SPM/MTs                                                                                     Alokasi Waktu      : 120 menit
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris                                                                                Jumlah Soal         : 50 nomor
Kabupaten/Kota           : Bone                                                                                                Bentuk soal         : Pilihan ganda
Propinsi                    : Sulawesi Selatan

NO. URT
STANDAR KOMPETENSI LULUAN
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6
1.
Reading (Membaca)
Memahami makna dalam teks tertulis pendek baik teks fungsional maupun  esei sederhana  berbentuk : Deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/informasi tertentu /informasi tersirat/makna kata/frase dalam teks berbentuk caution/warning/notice.

Caution
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk CAUTION, siswa dapat  menentukan gambaran umum (makna teks)  teks tersebut.
1
Notice
Disajikan satu teks NOTICE, siswa dapat  menemukan informasi tertentu (location) (yang terdapat pada  teks tersebut.
2
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tertentu /informasi tersirat/rujukan kata/makna kata/frase dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card)

Greeting card
(Condolences/
symphaty)
Diberikan sebuah  teks berbentuk “KARTU UCAPAN (GREETING CARD) yang berkaitan dengan “condolence/symphaty”, siswa dapat  menemukan informasi tertentu yang ada pada  teks tersebut
3
Greeting card
(Congratulation)
Diberikan sebuah  teks berbentuk KARTU UCAPAN (GREETING CARD) yang berkaitan dengan “congratulation, siswa dapat  menemukan informasi rinci tersurat yang ada pada  teks tersebut
4
Diberikan sebuah  teks berbentuk KARTU UCAPAN (GREETING CARD) yang berkaitan dengan “congratulation, siswa      dapat  menentukan rujukan kata  yang ada pada  teks tersebut.
5
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk (recount)
Recount text
(Impressive  holiday/recreation)
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan dengan “impressive holiday, siswa dapat menentukan informasi tertentu  yang ada pada  teks tersebut.
6
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan dengan “impressive holiday, siswa dapat  menemukan pikran utama/ide pokok pada salah satu paragraf  yang ada pada  teks tersebut.
7
 







Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan dengan “impressive holiday, siswa dapat  menemukan rujukan kata   yang ada pada  teks tersebut.

8

Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT yang berkaitan dengan “impressive holiday, siswa dapat menemukan informasi tersirat (purpose)  yang ada pada  teks tersebut.
9
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  Surat (Letter)
Personal Letter
(Request/Ask)
Disajikan sebuah teks berbentuk PERSONAL  LETTER yang berkaitan dengan “request/ask, siswa dapat  menemukan informasi rinci tersurat  yang ada pada  teks tersebut
10
Disajikan sebuah teks berbentuk PERSONAL LETTER yang berkaitan dengan “request/asksiswa dapat  menemukan informasi tertentu  yang ada pada  teks tersebut
11
Menentukan gambaran umum/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase dalam teks berbentuk   (Label)
Label
(Food/drink)
Disajikan sebuah teks berbentuk LABEL yang berkaitan dengan “food/drinksiswa dapat  menemukan informasi tertentu  yang ada pada  teks tersebut
12
Disajikan sebuah teks berbentuk LABEL yang berkaitan dengan “food/drinksiswa dapat  menemukan informasi tersirat (purpose)  yang terdapat pada  teks tersebut.
13
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  deskriptif (Descriptive)
Descriptive text
(People/Idol artist)
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang berkaitan dengan “People/Idol artist”, siswa dapat  menentukan gambaran umum teks yang dibaca.
14
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang berkaitan dengan ““People/Idol artist””, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat pada salah satu paragraf  yang ada pada  teks tersebut.
15
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang berkaitan dengan “People/Idol artist”, siswa dapat  menentukan makna kata  yang terdapat pada  teks tersebut.
16
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE yang berkaitan dengan ““People/Idol artist”, siswa dapat  menentukan informasi tersirat  yang terdapat pada  teks tersebut.
17








Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  pesan singkatf (short message)
Short Message
(plan)
Disajikan sebuah teks berbentuk SHORT MESSAGE yang berkaitan dengan “plan”, siswa dapat  menemukan gambaran umum  yang terdapat pada  teks tersebut.
18
Disajikan sebuah teks berbentuk SHORT MESSAGE yang berkaitan dengan “plan”, siswa dapat  menemukan rujukan kata  yang terdapat pada  teks tersebut.
19
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  iklan (Advertisement)
Advertisement
(Product/service)
Disajikan sebuah teks berbentuk ADVERTISEMENT yang berkaitan dengan “product/service” tertentu, siswa dapat  menemukan gambaran umum  yang terdapat pada  teks tersebut.
20
Disajikan sebuah teks berbentuk ADVERTISEMENT yang berkaitan dengan “product/service” tertentu, siswa dapat  menemukan informasi rinci tersurat  yang terdapat pada  teks tersebut.
21
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  narative (narrative)
Narrative Text
(Local Folktale/cerita rakyat lokal)
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat  menemukan gambaran umum dari teks yang dibaca.
22
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat  menemukan pikiran utama/ide pokok salah satu paragraf dari teks yang dibaca.
23
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat  menemukan rujukan kata  yang terdapat pada teks tersebut.
24
Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat  menemukan informasi rinci tersurat yang terdapat pada teks tersebut.
25














Disajikan sebuah teks esei berbentuk NARRATIVE yang berkaitan dengan “local folktale”, siswa dapat  menemukan informasi tersirat (moral value) yang terdapat pada teks tersebut.
26
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  pengumuman (Announcement)


Announcement
(School Activity)


Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk ANNOUNCEMENT  yang berkaitan dengan “school activity”, siswa dapat  menemukan gambaran umum yang terdapat pada teks tersebut
27
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk ANNOUNCEMENT yang berkaitan dengan “school activity”, siswa dapat  menemukan informasi tertentu yang terdapat pada teks tersebut
28
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berbentuk ANNOUNCEMENT yang berkaitan dengan “school activity”, siswa dapat  menemukan makna kata yang terdapat pada teks tersebut
29
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  (report)
Report Text
(Living thing: Plants/Animals)
Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang berkaitan dengan “living things: plants/animals”, siswa dapat menentukan gambaran umum yang terdapat pada teks tersebut.
30
Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang berkaitan dengan “living things: plants/animals”, siswa dapat menentukan rujukan kata yang terdapat pada teks tersebut.
31

Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang berkaitan dengan “living thinsg:plants/animals”, siswa dapat  menentukan informasi rinci tersurat  yang terdapat pada teks tersebut.

32
Disajikan sebuah teks esei berbentuk REPORT yang berkaitan dengan “living things:plants/animals”, siswa dapat  menentukan makna kata/frase  yang terdapat pada teks tersebut.
33






Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  (procedure)
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk  (procedure)
Procedure Text
(Appliances)

Disajikan sebuah teks esei berbentuk PROCEDURE yang berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat  menentukan informasi tersirat (purpose) yang terdapat pada teks tersebut.
34
Disajikan sebuah teks esei berbentuk PROCEDURE yang berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat  menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat pada teks tersebut.
35
Disajikan sebuah teks berbentuk PROCEDURE yang berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat  menentukan informasi tertentu  yang terdapat pada teks tersebut.
36
Disajikan sebuah teks esei berbentuk PROCEDURE yang berkaitan dengan “appliaence”, siswa dapat  menentukan rujukan kata yang terdapat pada teks tersebut.
37




Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk   undangan (invitation)
Menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/ informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frase/kalimat dalam teks berbentuk   undangan (invitation)
Invitation
(Birthday  party)

Disajikan sebuah teks berbentuk INVITATION yang berkaitan dengan “birthday party”, siswa dapat  menentukan informasi tersirat yang terdapat pada teks tersebut.
38
Disajikan sebuah teks berbentuk INVITATION yang berkaitan dengan “birthday party”, siswa dapat  menentukan informasi rinci tersurat yang terdapat pada teks tersebut
39
Disajikan sebuah teks berbentuk INVITATION yang berkaitan dengan “birthday party”, siswa dapat  menentukan makna kata yang terdapat pada teks tersebut
40












NO. URT
STANDAR KOMPETENSI LULUAN
KOMPETENSI YANG DIUJIKAN
MATERI POKOK
INDIKATOR SOAL
NO. SOAL
1
2
3
4
5
6

2.

Writing (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount)  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks bentuk deskriptif/recount/procedure sederhana.


Recount
(Past experience/
recreation)

Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT sederhana, siswa dapat  melengkapi teks rumpang  dengan kata kerja (verb) yang tepat.

41
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT sederhana, siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata benda (noun) yang tepat.
42
Disajikan sebuah teks berbentuk RECOUNT sederhana, siswa dapat  melengkapi teks rumpang dengan kata keterangan (adverb) yang tepat.
43
Descriptive
(Place)
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE sederhana, siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata ganti (pronoun) yang tepat.
44
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE sederhana, siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata penghubung (conjunction) yang tepat.
45
Disajikan sebuah teks berbentuk DESCRIPTIVE sederhana, siswa dapat melengkapi teks rumpang dengan kata keterangan frekuensi (adverb of frequency) yang tepat.
46















Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna
Jumbled Words (Kata acak)
(invitation sentence)
Disajikan serangkaian  kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu

47
Jumbled Words (Kata acak)
(recount)
Disajikan serangkaian  kata acak, siswa dapat menyusun kata-kata acak tersebut menjadi kalimat yang padu

48
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang bermakna
Jumbled Sentences
(Descriptive)
Disajikan serangkaian  kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf atau teks yang padu.
49
Jumbled Sentences
(Procedure)
Disajikan serangkaian  kalimat acak, siswa dapat menyusun kalimat acak tersebut menjadi paragraf atau teks yang padu.
50


                                                                                                Watampone,   9  Januari 2012
                                                                                                Tim Penyusun:
                                                                                               
1.    MUKHLIS, S.Pd.               : KORDINATOR   
2.    H. MUHAMMAD JAFAR, S.Pd.M.Pd.       : ANGGOTA
3.    HARYONO, S.Pd.            : ANGGOTA
4.    SABANG, S.Ag.S.Pd.MM.         : ANGGOTA  
5.    PENGURUS/PESERTA MGMP B. INGGRIS
SMP/MTs KAB. BONE SMT. II TP 2011/2012   : ANGGOTA
                                        






Comments

Popular Posts